free hit counters
Flash Card Bayi Dua dan Tiga Kata Hasil Karya Bunda
UXDE dot Net Wordpress Themes

Flash Card Bayi 2 dan 3 Kata

Posted by on
membuat flash card bayi

membuat flash card bayi – bukubayi.org

Flash card bayi 2 kata dan 3 kata untuk mengajar bayi membaca tidak dijual di toko-toko buku karena ukurannya panjang dan tidak efesien untuk dipajang. Kalau anak sudah belajar membaca menggunakan flash card bayi membaca seri 1 dan seri 2, bunda bisa membuat sendiri flash card bayi 2 dan 3 kata supaya pembelajaran anak bisa berlanjut. Caranya sangat mudah dan biayanya sangat murah. Selain itu bunda bebas berkreasi menciptakan kata-kata sesuai usia dan perkembangan anak.

Flash Card Bayi Kreasi Bunda

1. Siapkan materi pelajaran berupa 2 dan 3 kata, masing-masing 100 kata. Mulailah dengan kata-kata yang umum dan sering didengar oleh anak, benda-benda yang ada di sekitarnya dan orang-orang yang dikenalnya.  Tapi tidak perlu menghindari kata-kata yang terkesan sulit, karena bahasa asing pun bisa dipelajari oleh anak. Kalau bunda menghadapi kesulitan dalam memilih kata-kata yang akan diajarkan, diskusikanlah dengan teman atau guru TK. Sebagai contoh dua kata : tante susi, bapak agung, oma hana, bubur ayam, roti keju, baju merah, celana panjang, sepatu baru, kolam renang, kebun binatang. Contoh tiga kata : aku suka baca, buku cerita anak, singa makan daging, panda dari cina, unta dari arab, bendera merah putih.

2. Kelompokkanlah dan berilah nomor. Sebagai contoh untuk tema rumah : pintu gerbang, ruang tamu, kamar mandi, kaca jendela dan garasi mobil. Contoh untuk tema perabot rumah : lemari pakaian, meja makan, mesin cuci, kompor gas, dan tempat tidur. Usahakan tidak ada kata-kata yang sama agar jumlah kosa katanya banyak.

3. Sediakan kertas karton tebal. Kertas karton duplek atau art paper dengan ketebalan 310 gram bisa diperoleh di toko kertas. Kertas ukuran besar/plano berukuran 79 x 109 cm dipotong menjadi 54 x 11 cm. 1 lembar plano jadi 14 lembar ukuran flash card. Untuk membuat 200 flash card, bunda cukup membeli kertas sebanyak 15 lembar plano

4.    Tulislah kata-kata yang sudah disiapkan dengan menggunakan spidol besar berwarna merah atau hitam. Ukuran tulisan disesuaikan dengan ukuran kertas. Setiap sisi  dikosongkan  sekitar 2 centimeter supaya tidak tertutup oleh jari tangan ketika flash card bayi diperlihatkan kepada anak. Kalau tidak bisa menulis dengan rapih, sebaiknya kata-kata diketik menggunakan komputer.  Setelah dicetak, ditempelkan di atas kartu menggunakan lem kayu atau doble tape. Cara kedua memang lebih merepotkan tapi akan tampak lebih rapih.

Flash card bayi  hasil karya bunda sudah jadi. Pelajaran telah siap dimulai.

About the Author

Bayi Pintar

pelopor flash card bayi dan balita. Produk berkualitas dan teruji sejak tahun 2007. Beberapa produk telah menjadi best seller di jaringan Toko Buku Gramedia dan Gunung Agung.

Comments are closed.