free hit counters
Kartu Bayi Berkualitas Best Seller di Jaringan Toko Buku Gramedia
UXDE dot Net Wordpress Themes

Kartu Bayi Berkualitas Bestseller

Posted by on

kartu bayi bestsellerKartu bayi adalah sebutan lain untuk flash card. Salah satu kartu bayi yang pernah menjadi bestseller di toko-toko buku terkemuka di Indonesia adalah Kartu Pintar Balita Seri 1. Ini adalah revisi terbaru.  Pertama kali muncul dengan nama Kartu Pintar Balita pada tahun 2007. Kemudian direvisi menjadi Kartu Pintar Komplit, lalu direvisi lagi menjadi  Kartu Pintar Lengkap. Tapi akhirnya sejak tahun 2015 judulnya kembali ke judul semula untuk memudahkan pembeli, karena telah muncul serial Kartu Pintar Balita seri 2 dan seri 3.

Disebut kartu bayi karena flash card ini bisa digunakan untuk bayi usia 1 tahun ke atas. Materi pelajarannya masih sangat mudah sekali, tapi penting untuk diketahui. Mengenal 10 warna utama, dari warna merah sampai hitam. Mengenal berbagai bentuk, termasuk sigitiga dan oval. Mengenal anggota tubuh serta fungsinya dan mengenal konsep huruf dari a sampai z.

Kartu bayi atau flash card bayi ini isinya 40 kartu. Dicetak di atas kertas art paper tebal 310 gram. Ukurannya lebih besar dibandingkan yang lain, yaitu 15 x 12 cm. Kualitas cetakan bagus dan jelas. Semuanya bergambar dalam format foto asli, bukan kartun.

Cara Mengajarkan Kartu Bayi

Cara menggunakan kartu bayi sangat mudah dan tidak ada metode khusus.  Sebagai contoh, bayi usia 2 tahun bisa belajar 1 kartu pada hari pertama diulang 3 kali dalam sehari. Pada hari kedua ditambah 1 kartu lagi menjadi 2 kartu. Dan pada hari ketiga ditambah 1 kartu lagi menjadi 3 kartu. Pada hari keempat, 1 kartu pertama yang sudah dipelajari selama 3 hari disimpan dan diganti dengan kartu baru. Jadi sejak hari ketiga dan seterusnya anak belajar 3 kartu sehari. Namun untuk bayi yang usianya di bawah 2 tahun cukup 1 kartu sehari.

Supaya bayi cepat menguasai materi, pelajaran bisa ditunjang beberapa media belajar lain yang ada di dalam maupun di luar rumah. Kalau anak sudah belajar warna kuning, tunjukkanlah benda atau gambar berwarna kuning. Kalau anak sudah belajar bentuk lingkaran, perkenalkanlah dia dengan benda yang berbentuk lingkaran seperti piring. Bunda bebas berkreasi dalam mengajar buah hati.

Tips Mengajarkan Kartu Bayi

Ada beberapa hal penting yang akan kami ingatkan kepada Bunda yang hendak mengajar bayi dan balita menggunakan kartu bayi atau flash card.

  1. Pelajaran apapun tidak boleh menjadi beban. Kalau Bunda antusias dan sabar, biasanya anak akan mudah menyesuaikan diri dan mau bekerjasama. Waktu belajar sangat singkat karena rentang perhatian bayi masih sangat pendek. Cukup beberapa detik setiap sesi belajar. Kalau sudah terbiasa, bisa diperpanjang menjadi 1 sampai 3 menit setiap kali belajar. Perlihatkanlah kartu dan katakan, “Ini warna kuning” kemudian diganti dengan kartu yang lain. Kalau anak sudah belajar membaca, bisa juga diperlihatkan tulisannya. Anak yang sudah bicara bisa disuruh mengulangi apa yang Bunda ucapkan.
  2. Pelajaran diberikan secara konsisten tiga kali sehari atau lebih. Lebih baik anak belajar 15 detik tapi terfokus pada pelajaran daripada 5 menit tapi tidak fokus.
  3. Tidak perlu terburu-buru mengetes kemampuan anak, karena proses penyerapan pelajaran pada setiap anak berbeda-beda. Ada anak yang menguasai 10 warna dalam 10 hari, sementara anak yang lain memerlukan waktu 30 hari atau 3 bulan. Itu tergantung pada usia dan perkembangan anak, antusias anak ketika belajar, cara mengajarkannya, konsistensi dan faktor lainnya.
  4. Mengajar bayi dan balita berbeda dengan mengajar anak usia 5 tahun ke atas. Mereka memerlukan suasana belajar yang gembira atau suasana bermain sambil belajar.
  5. Kalau anak belum siap untuk belajar, sebaiknya tidak dipaksakan. Carilah waktu yang tepat. Hindari segala bentuk pemaksaan.
  6. Kartu bayi sebaiknya tidak diberikan kepada anak sebagai mainan, kecuali kalau anak sudah menguasai materi pelajarannya.  Kalau dipakai mainan biasanya cepat bosan dan kehilangan minat untuk belajar. Simpanlah di tempat yang tidak terjangkau oleh anak.

Kartu bayi yang berjdul Kartu Pintar Balita ini dijual dengan harga Rp.40.000 menjadi Rp.24.000 kalau dibeli dalam paket lengkap

About the Author

Bayi Pintar

pelopor flash card bayi dan balita. Produk berkualitas dan teruji sejak tahun 2007. Beberapa produk telah menjadi best seller di jaringan Toko Buku Gramedia dan Gunung Agung.

Comments are closed.