free hit counters
Mengajar Huruf Kepada Balita Menggunakan Flash Card
UXDE dot Net Wordpress Themes

Mengajar Huruf Besar dan Huruf Kecil

Posted by on

Mengajar huruf  bisa mulai setelah  balita  berusia 3 tahun ke atas. Caranya sangat mudah. Pada tiga hari pertama anak belajar satu  huruf. Pelajaran diulang tiga kali sehari selama tiga hari berturut-turut. Mulai hari keempat ditambah satu huruf lagi jadi  anak belajar dua huruf. Pada hari ketujuh, huruf pertama disimpan dan diganti dengan huruf baru. Begitu seterusnya. Pelajaran 26 huruf akan selesai dalam waktu 3 bulan.

Mengajar Huruf Besar dan Huruf Kecil

tips mengajar huruf

tips mengajar huruf

Bunda bisa mengajarkan huruf besar dan huruf kecil dalam waktu yang bersamaan, misalnya huruf Aa. Kalau anak sudah mengerti, bunda bisa menjelaskan bahwa yang pertama itu huruf besar dan yang kedua huruf kecil. Tapi bunda juga bisa mengajarkannya secara terpisah. Huruf besar dulu lalu dilanjutkan huruf kecil. Atau huruf kecil dulu baru dilanjutkan ke huruf besar. Biasanya kalau anak sudah menguasai 26 huruf kecil, anak tidak akan mengalami kesulitan untuk mempelajari 26 huruf besar karena kebanyakan bentuknya hampir sama.

Pelajaran alfabet sangat terkait dengan proses belajar membaca secara keseluruhan. Ketika masuk kelompok bermain anak usia 3 tahun sudah mulai diperkenakan dengan alfabet. Ada yang mengajarkan satu huruf selama seminggu. Ada juga yang dua huruf dalam sebulan. Targetnya anak belajar 26 huruf dalam satu semester.

Seperti pelajaran calistung, tidak semua sekolah mengajar huruf kepada balita. Ada beberapa pakar di bidang perkembangan anak yang menyatakan anak tidak perlu belajar calistung sebelum usia tujuh tahun. Anak dianggap cukup matang untuk belajar ketika mulai masuk SD. Meskipun tidak semua sekolah mengajarkan alfabet, namun umumnya orang tua akan merasa anaknya tertinggal bila tidak menguasai alfabet.  Jadi solusi yang kami anjurkan,  alfabet bisa diajarkan  secara bertahap dengan cara yang menyenangkan. Tidak perlu terburu-buru dalam mengajar balita. Bahkan kalau anak hanya belajar dua huruf dalam sebulan, maka dalam setahun mereka sudah menguasai 24 dari 26 huruf  alfabet. Banyak alat bantu untuk menunjang proses belajar flash card huruf bagi balita. Ada poster alfabet, karpet dari bahan evamart berbentuk puzzle abc, ada juga flash card untuk mengajar alfabet seperti gambar di atas. Bunda juga bisa mengajar huruf dalam bahasa Inggris sambil menyanyikan ABC song.

Pelajaran apapun tidak boleh membebani anak dan mengurangi kegembiraan bunda karena mengajar anak harus dalam suasana gembira, suasana bermain sambil belajar.

About the Author

Bayi Pintar

pelopor flash card bayi dan balita. Produk berkualitas dan teruji sejak tahun 2007. Beberapa produk telah menjadi best seller di jaringan Toko Buku Gramedia dan Gunung Agung.

Comments are closed.