free hit counters
Tips Mengajar Konsep Waktu Kepada Balita di Rumah atau di Sekolah
UXDE dot Net Wordpress Themes

Tips Mengajar Waktu

Posted by on
tips mengajar konsep waktu

tips mengajar konsep waktu

Tips mengajar konsep waktu ini ditujukan untuk bunda yang memiliki balita usia 3 tahun ke atas dan sudah belajar angka. Anak yang sudah menguasai angka 1 sampai 24 bisa belajar konsep jam, dan yang sudah paham sampai angka 60 bisa belajar menit dan detik.

Tips Mengajar Konsep Waktu dengan Flash Card

Pertama-tama ajarkanlah anak bahwa dalam setiap jam dinding atau arloji terdapat angka 1 sampai 12 yang menunjukkan jam. Selain itu ada 3 jarum, yang pendek menunjukkan jam, yang panjang menunjukkan menit dan jarum yang tipis menunjukkan detik. Untuk tahap awal abaikan saja jarum tipis agar anak tidak bingung.

  1. Mulailah mengajarkan putaran waktu mulai pukul 1.00  sampai pukul 12.00. Kalau jarum panjang menunjuk angka 12, maka angka pada jarum pendek menunjukkan jam dengan tepat. Ulangilah pelajaran jam beberapa kali sehari selama beberapa hari sampai anak bisa menjawab pertanyaan dengan tepat. Mengajar konsep waktu bisa ditunjang dengan jam dinding atau jam weker yang angkanya jelas. Bisa juga dibantu gambar atau flash card mengajar konsep waktu. Kalau memungkinkan nyalakanlah weker setiap jam dan suruh anak melihat jam berapa.
  2. Pelajaran berikutnya adalah pengenalan konsep menit. Tunjukkanlah bahwa dalam 1 jam ada 60 menit. Putarlah jarum panjang sambil menghitung dari angka 1 sampai 60 untuk membuktikan 60 menit itu sama dengan 1 jam. Setelah anak mengerti, tunjukkan bahwa perpindahan jarum panjang 1 angka berarti penambahan 5 menit, 2 angka berarti 10 angka, dan seterusnya. Sering-seringlah menanyakan jam dengan penambahan menitnya. Kalau anak masih agak bingung, ulangilah terus.
  3. Setelah anak menguasai konsep penambahan menit, lanjutkan pelajaran ke penambahan 15 menit atau seperempat dan 30 menit atau setengah jam.
  4. Pelajaran berikutnya adalah konsep pengurangan. Sebagai contoh, tunjukkan jarum pendek ke angka 1 dan jarum panjang ke arah menit ke 59 yang berarti pukul 1.00 kurang 1 menit. Kemudian lanjutkan sampai kurang 10 menit, kurang seperempat, kurang 20 sampai kurang 25.

Kalau anak balita sudah menguasai semua pelajaran tersebut di atas, pengetahuan anak mengenai konsep waktu sudah cukup memadai. Orang tua bisa melanjutkan ke pelajaran detik, atau membiarkan anak belajar di SD kelak.

Tips mengajar konsep waktu dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak serta waktu yang bunda miliki. Tidak masalah kalau anak belajar agak lambat karena masih banyak anak usia 7 tahun yang belum menguasai konsep waktu. Kesabaran dan ketekunan bunda mengajar balita pasti akan membuahkan hasil yang mengagumkan.  Ingatlah untuk selalu mengajar anak dalam suasana bermain dan gembira. Tidak membebani anak dan tidak mengurangi kegembiraan bunda.

 

 

About the Author

Bayi Pintar

pelopor flash card bayi dan balita. Produk berkualitas dan teruji sejak tahun 2007. Beberapa produk telah menjadi best seller di jaringan Toko Buku Gramedia dan Gunung Agung.

Comments are closed.