free hit counters
Bayi Cerdas Bermain Sambil Belajar Bersama Bunda
UXDE dot Net Wordpress Themes

Bermain Pintar untuk Menstimulasi Bayi Cerdas

Posted by on
bayi cerdas bermain pintar

bayi cerdas bermain pintar

Dunia bayi adalah dunia bermain dan bermain. Bayi belajar banyak hal melalui permainan. Arahkanlah agar aktivitas bermain bayi berguna untuk melatih motorik dan menstimulasi kecerdasannya. Inilah beberapa gagasan aktivitas bermain yang disarankan oleh pakar bayi.

Aktivitas bermain untuk bayi cerdas

Bermain untuk bayi cerdas usia lahir sampai 4 bulan

Bunda bisa menyanyikan lagu-lagu sederhana seperti “Nina Bobo” ketika menidurkan bayi atau lagu “Bintang Kecil” ketika bermain. Kalau bunda menguasai bahasa Inggris, bunda mempunyai lebih banyak pilihan. Lakukanlah beberapa aktivitas yang bisa membuat bayi tertawa seperti membuat wajah konyol, menggelitik, menggerak-gerakkan mainan berwarna cerah di depan mata bayi. Menjelaskan aktivitas yang sedang dilakukan bersama, misalnya “Sekarang waktunya makan”, “Minum susu dulu ya sayang”, “Ayo kita masuk ke mobil”.

Bermain untuk bayi cerdas usia 4 sampai 6 bulan

Tunjukkanlah gambar-gambar berwarna cerah. Carilah gambar sederhana yang mudah dikenali bayi seperti satu ekor burung, bukan kumpulan beberapa burung. Buatlah tumpukan balok kayu atau plastik dan biarkan bayi meruntuhkannya. Carilah benda-benda dengan tekstur yang berbeda untuk disentuh oleh bayi seperti boneka dari bahan kain, handuk yang agak kasar, kaca cermin yang licin. Putarlah musik dengan irama yang berbeda, dari yang lambat, sedang sampai cepat.

Bermain untuk bayi cerdas usia 6 sampai 18 bulan

Tingkatkan kualitas komunikasi. Bicaralah dengan nada suara yang berbeda-beda. Buatlah bayi merasa nyaman untuk melakukan kontak mata ketika berkomunikasi. Ajaklah bayi ikut menyanyi sambil menggerakkan tangan dan kaki. Main petak umpet dengan berbagai variasi supaya bayi tidak bosan. Bagi bunda yang ingin mengajar bayi menggunakan flash card bisa dimulai pada usia 6 bulan sampai 18 bulan.

Bermain untuk bayi cerdas usia 18 sampai 24 bulan

Pada tahapan usia ini anak sudah bisa diajak mengobrol dan belajar mengungkapkan perasaannya secara sederhana. Kalau anak sudah belajar warna, anak bisa disuruh menebak warna gambar mobil yang di buku atau warna kelinci yang ada di halaman rumah. Berikan beberapa intruksi sederhana. “Ambil bonekanya!”, “Tangkap bolanya”, “Berikan kepada ibu balon merah!” Perkenalkan anak pada alat tulis seperti krayon dan kertas. Biarkan dia mencoret-coret untuk mengenal warna-warni yang berbeda. Supaya tidak cepat sobek, pakailah kertas yang agak tebal atau kertas karton putih.

Bermain untuk bayi cerdas usia 24 sampai 36 bulan

Anak perlu bermain sambil belajar memegang, melempar, memeluk, dan gerakan-gerakan lain untuk melatih motoriknya. Bantulah anak bermain dengan variasi yang berbeda untuk menumbuhkan kreativitas. Untuk merangsang imajinasinya, sisipkanlah permainan “sandiwara” dari kehidupan nyata. Sebagai contoh, anak perempuan bisa diajak main masak-masakan, dan berjual beli. Anak laki-laki bisa disuruh menyusun memarkirkan mobil-mobilannya, membangun rumah atau membongkar pasang robot. Artikel lain terkait bayi cerdas klik di sini.

About the Author

Bayi Pintar

pelopor flash card bayi dan balita. Produk berkualitas dan teruji sejak tahun 2007. Beberapa produk telah menjadi best seller di jaringan Toko Buku Gramedia dan Gunung Agung.

Comments are closed.