free hit counters
Belajar Flash Card untuk Menunjang Pendidikan Anak Usia Dini
UXDE dot Net Wordpress Themes

Manfaat Belajar Flash Card Untuk Bayi dan Balita

Posted by on
manfaat belajar flash card

manfaat belajar flash card

Apakah manfaat belajar flash card untuk anak yang masih sangat kecil? Tentu saja flash card sangat bermanfaat untuk mengajar bayi pengetahuan dasar. Banyak anak Indonesia yang sudah belajar menggunakan flash card dan hasilnya sangat memuaskan. Kita terkagum-kagum melihat anak-anak balita di kelompok bermain atau TK sudah menguasai konsep angka 1 sampai 20. Bahkan ada yang sudah mampu menghitung sampai 100. Anak-anak menguasai huruf A sampai Z lengkap dengan contoh kata-katanya seperti a untuk apel, k untuk kuda, r untuk rambut.  Kemampuan berbahasanya sudah berkembang dengan baik. Kosa kata bahasa Inggrisnya pun sudah ratusan. Bagaimana mereka bisa menguasai semua itu? Mereka belajar menggunakan flash card di samping alat bantu belajar lain yang sudah terbukti efektif.

Belajar flash card tidak membebani bayi?

Menurut pakar perkembangan anak Jean Piaget, sebelum usia 7 tahun, otak anak belum mampu menerima beban pelajaran calistung. Pernyataan Jean Piaget telah menjadi pertimbangan banyak pendidik untuk tidak mengajar balita membaca,menulis dan berhitung. Tidak sedikit orang tua yang menunda mengajar anak sejak usia dini karena khawatir pada efek negatif yang ditimbulkannya. Segala bentuk pelajaran formal dihindari, termasuk belajar menggunakan flash card bayi. Namun tanpa mengabaikan peringatan Jean Piaget, banyak pendidik dan orang tua yang tetap mengajarkan calistung kepada balita. Pelajaran tidak diberikan secara formal seperti di bangku Sekolah Dasar. Anak belajar dalam suasana gembira, suasana bermain sambil belajar. Anak melakukan kegiatan yang menyenangkan sambil belajar. Misalnya anak belajar warna sambil mencoret-coret krayon sesuai warna yang diajarkan. Anak belajar angka dan huruf sambil menyanyi. Anak belajar dunia binatang sambil mendengar cerita mengenai hewan. Anak belajar mengenal pekerjaan dengan cara bertemu orang-orang yang memiliki profesi yang berbeda-beda. Salah satu profesi yang populer adalah pamadam kebakaran. Di markas pemadam kebakaran anak-anak tidak hanya mengenal profesi pemadam kebakaran, tapi juga mempraktekkan cara memadamkan api.  Pelajaran tidak  menjadi beban kalau diberikan sedikit demi sedikit secara sistematis dan dilakukan dalam suasana bermain yang menyenangkan.

Bermain sambil belajar flash card di rumah

Belajar flash card bisa dilakukan di rumah. Caranya sangat mudah dan hasilnya sangat memuaskan kalau dilakukan secara konsisten dan dengan metode belajar yang tepat. Anak belajar flash card sedikit demi sedikit dalam suasana yang gembira. Perlihatkanlah benda aslinya agar anak lebih mudah memahami dan mengingat materi pelajaran. Sebagai contoh, bayi yang sudah belajar flash card bergambar buah pisang  bisa disuruh memegang dan makan pisang sambil  membandingkannya dengan gambar pisang yang ada di flash card. Balita yang sudah belajar rasa asam bisa disuruh merasakan sensasi rasa asam jeruk nipis.  Seperti di sekolah, pelajaran juga bisa diselingi nyanyian, cerita, tebak-tebakan dan aktivitas bermain yang menyenangkan. Peranan bunda sangat penting dalam memotivasi anak belajar flash card dengan antusias.

Belajar flash card bermanfaat untuk membantu menstimulasi otak anak.  Flash card bukan satu-satunya alat bantu belajar anak. Alat bantu lainnya termasuk mainan edukasi juga sudah terbukti efektif.   Selain itu, belajar flash card bisa menjadi salah satu sarana untuk menjalin hubungan yang lebih akrab dan hangat dengan buah hati. Kalau bunda menikmati aktivitas mengajar, umumnya anak lebih mudah bekerjasama dan antusias untuk mempelajari hal-hal baru.

About the Author

Bayi Pintar

pelopor flash card bayi dan balita. Produk berkualitas dan teruji sejak tahun 2007. Beberapa produk telah menjadi best seller di jaringan Toko Buku Gramedia dan Gunung Agung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>